Kamis, 09 Mei 2019

LAPORAN SIMULASI


LAPORAN
PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1





DISUSUN OLEH :

NAMA         : SHINTA NOVITA SARI
NIM                               : 856690998
SEMESTER                  : 1  (SATU)
POKJAR                       : SEKAYU



TUTOR : ZAIDAN JAUHARI,S.Pd., M.T


KABUPATEN MUSI BANYUASIN
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019








LEMBAR PENGESAHAN
HASIL PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU
DI SIMULASI / SEKOLAH*)  MI.ISTIQOMAH SEKAYU

NAMA :  SHINTA NOVITA SARI
NIM :  856690998
POKJAR :  SEKAYU
SEMESTER : 1
KELAS : B


DISAHKAN

       Menyetujui                        Sekayu   05  Mei  2019
       Pembimbing Tutor,              Guru Tematik                      

     ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T                                                  SHINTA NOVITA SARI 





















KATA PENGANTAR

        Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ini sebagai surat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester III (tiga) masa ujian 2019.1.
       Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada:
1. Dr.Meita selaku kepala UPBJJ Palembang
2. Ibu Aminah, M.Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
3. Bapak Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
4. Bapak Alamsyah, SH selaku Kepala MI.Istiqomah Sekayu yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
5. selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
6. Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
      Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.


Sekayu,  05 Mei 2019
Mahasiswa



SHINTA NOVITA SARI
NIM. 856690998















DAFTAR ISI
Halaman
1. HALAMAN JUDUL i
2. LEMBAR PENGESAHAN ii
3. KATA PENGANTAR iii
4. DAFTAR ISI iv
5. TEMA 1 : KEBERSAMAAN(simulasi)
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik 1
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 2
C.     Bahan Ajar 12
D.    Lembar Kerja Siswa 14
E.     APKG 1 15
F.      APKG 2 17
G.    Lembar Refleksi
H. Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu (LKS) sudah terisi 22
5.      TEMA 2 : BERMAIN DILINGKUNGANKU (Praktek di Sekolah)
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik 24
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 25
C.     Bahan Ajar 29
D.    Lembar Kerja Siswa 30
E.     APKG 1 31
F.      APKG 2 32
G.    Lembar Refleksi 33
H.    Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu sudah terisi 34
I.       Rekapitulasi Nilai Praktik (APKG 1 dan 2 APKG) sudah terisi 35
6.      PENUTUP 36
7.      DAFTAR PUSTAKA                    37
8.      LAMPIRAN 38
Lembar refleksi 1,2,3,3A sudah terisi
Foto dokumen pribadi simulasi dan praktik
Printout uploud dari blogspot
Lembar kerja siswa
Absen siswa dari sekolah


















TEMA 1 : KEBERSAMAAN ( SIMULASI)











SATUAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TEMA 7 KEBERSAMAAN

MATA PELAJARAN : 1.      BAHASA INDONESIA
2.      MATEMATIKA
3.      PPKN
TEMA : KEBERSAMAAN
KELAS /SEMESTER : 2 (DUA)/ 2 (DUA)
WAKTU : 3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

I.    KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA : •  3.8   Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
PKN : 4.3 Mengelompokkan jenis – jenis keberagaman karakteristik individu disekolah
MATEMAIKA 3.7  Menjelaskan pecahan  dan   menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

II.   INDIKATOR
BAHASA INDONESIA : •    4.7.1   Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh kejujuran.
PKN : •     4.1.1     Mengenal Karakteristik individu di lingkungan sekolah.
MATEMATIKA :      4.7.1  Melakukan Pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4  menggunakan benda-benda konkret.

III.    MATERI POKOK
•         Menyapa Pengunjung
•         Membuat kalimat sapaan
•         Menentukan Pecahan

IV. METODE PEMBELAJARAN
•         ceramah
•         Diskusi
•         Penugasan

V.  STRATEGI  PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
•         Kelas dibuka dengan salam,menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
•         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh seorang siswa
•         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa,selain berdoa,guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
•        Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesai Raya.Guru memberikan penguatan tentang sikap syukur.
•        Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
•         Siswa memperhatikan penjelasn guru tentang tujuan,manfaat,dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

b.   Kegiatan Inti (65 Menit)
Ayo Mengamati
guru membimbing siswa untu mengamati gambar kegiatan siti menyapa pengunjung kebun binatang denga santun.
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian  secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Ayo Membaca
Guru memberikan contoh membaca teks bacaan.
Guru menunjukkan siswa satu persatu membaca teks bacaan
Ayo Berlatih
Siswa mengerjakan soal latihan
Guru membimbing siswa untuk memasangkan nama kota / daerah dengan suku asli yang terdapat didaerah tersebut.
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan sikap terhadap teman yang berbeda suku / asal daerahnya.
•        Guru menanamkan sikap toleransi dan saling menghargai terahadap keberagaman suku.
Ayo Mencoba
Guru membimbing siswa membagi siswa menjadi 2 kelompok,3 kelompok, dan 4 kelompok dengan jumlah awal sama.
Ayo Berlatih
Siswa mengerjakan soal latihan menentukan pecahan yang sesuai dengan gambar

c.  Kegiatan Akhir/Penutup (15 Menit)
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
VI.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR 
•         Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan daerah)
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika)
VII. PENILAIAN
Teknik Penilaian
a. Penilian sikap
Mencatat hal – hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin
b. Penilain pengetahuan
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Unjuk Kerja
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi Diskusi dan unjuk hasil. Rubrik Penilaian
PKN Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi Unjuk kerja dan hasil. Rubrik Penilaian
Matematika Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi peta konsep Unjuk kerja dan hasil. Rubrik penilaian

Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
C. Remedial
Siswa Yang belum Terampil dalam meneukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh – contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

D. Pengayaan
     Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

2. Bentuk Instrumen penelian
a. Jurnal penilain sikap

Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
No Tanggal Nama siswa Catatan priaku Butir sikap Tindak lanjut
1
2
3
4
5


Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Mengetahui
Kepala MI.Istiqomah

ALAMSYAH,SH                                                                                                                              Sekayu
Guru Kelas  2



SHINTA NOVITA SARI



Soal
A. Bahasa Indonesia
Buatlah kalimat yang membuat kata sapaan berikut!
Bacalah kalimat yang kamu buat didepan kelas!
1) Bariah
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2) Joko
…………………………………………………………………................
…………………………………………………………………………….
3) Madin
……………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………..
4) Asep
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………..
5) Kalian
…………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………….
6) Sobat
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
7) Pak Satpam
………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………
B. PKN
Pasangkanlah  nama kota / daerah dengan suku asli yang tedapat didaerah tersebut!

    Bariah dari Suku
     Madura  Jawa       

         Asep dari Suku
         Bandung  Betawi     

      Joko dari Suku
          Solo Madura
   
        Madin dari Suku
          Jakarta Sunda

C. MATEMATIKA
Lengkapilah pernyataan berikut  ini dengan jawaban yang tepat !
1. Siswa kelas 2 terdiri dari 36 siswa.
a. Setengah bagian dari siswa kelas 2 adalah….
b. Sepertiga bagian dari siswa kelas 2 adalah….
c. Seperempat bagian dari siswa kelas 2 adalah….
2. Dikebun binatang terdapat 12 rusa.
a. Setengah bagian dari jumlah rusa adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah rusa adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah rusa adalah…
3. Dikebun binatang terdapat 48 burung merpati.
a. Setengah bagian dari jumlah burung merpati adalah…
b. Sepertiga bagian dari jumlah burung merpati adalah…
c. Seperempat bagian dari jumlah burung merpati adalah…
4. Dikebun binatang terdapat 60 bebek.
a. Setengah bagian dari jumlah bebek adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah bebek adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah bebek adalah…
5. Dikolam kebun binatang terdapat 72 ikan koki.
a. Setengah bagian dari jumlah ikan koki adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah ikan koki adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah ikan koki adalah….

Kunci Jawaban
BAHASA INDONESIA
1.      “ Selamat sore, Bariah”
2.     “ Joko dari mana asalmu?”
3.      “ Madin,apa kegemaranmu?”
4    “ Asep,bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda suku?”
5    “ Kalian harus menjaga kebersihan.”
6. “ Sobat, bagaimana kabarnya?”
7. “ Pak Satpam, di mana toiletnye?

PKN
1.      Suku Madura
2.      Suku Sunda
3.      Suku Jawa
4.      Suku Betawi

Matematika
1. a. 18 siswa b. 12 siswa c. 9 siswa
2. a.  6  siswa b. 4   siswa c. 3 siswa
3. a. 24 ekor b. 16 ekor c. 12 ekor
4. a. 30 ekor b. 20 ekor c. 15 ekor
5. a. 36 ekor b. 24 ekor c. 18 ekor

      Mengetahui,
      Tutor Universitas Terbuka




   ZAIDAN JAUHARI,S.Pd.M.T






Sekayu, 4 Mei 2019
Guru Tematik




SHINTA NOVITA SARI






BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : KEBERSAMAAN


1 . BAHASA INDONESIA
Berkunjung Kekebun Binatang
Siti dan teman – temannya berkunjung kekebun binatang.Mereka suka cita mengikuti kunjungan. Banyak binatang dikebun binatang, Seluruh siswa mengikuti kunjungan. Mereka belajar bersama dikebun binatang. Mereka mengunjungi semua hewan yang ada dikebun binatang.Pengunjung pun berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat. Siti berkenalan dengan Bariah, Dayu berkenalan dengan Asep, Beni berkenalan dengan joko, dan Edo berkenalan dengan Madin. Mereka senang berkenalan dan berkumpul dikebun binatang.


2 . PKN
Menyapa Pengunjung

Pengunjung kebun binatang berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat. Mereka berasal dari berbagai daerah atau suku. Siti meyapa beberapa pengunjung. Siti berkenalan dengan Bariah, ia berasal dari Madura. Dayu berkenalan dengan Asep, ia berasal dari Bandung. Beni berkenalan dengan joko, ia berasal dari solo.Edo berkenalan dengan Madin, ia berasal dari Jakarta. Mereka senang bisa berkenalan dikebun binatang.


3 . Matematika
Mengenal Pecahan
Pecahan adalah bilangan yang dapat diartikan sebagai pembilang dan penyebut. Yang mana bilangan yang dibagi nilainya lebih kecil dari bilangan penyebutnya atau pembaginya, misanya ½.1/3 dan ¼.




  ½ 1/3 1/4















LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : KEBERSAMAAN

Nama :..........................................................
 Kelas :.........................................................

BAHASA INDONESIA
Berkelompoklah dengan teman sebangkumu !
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.       Kemana siti dan teman – teman berkunjung?
2.      Apa yang mereka lakukan dikebun binatang?
3.      Berasal dari mana saja pengunjungnya?
4.      Siapa yang berkenalan dengan siti?
5.      Bagaimana perasaan mereka?

PKN
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Berasal dari mana saja pengunjung kebun binatang?
2.      Siapa yang menyapa pengunjung ?
3.      siapa yang berkenalan dengan Siti?
4.      Dari mana asal Bariah?
5.      Siapa yang berasal dari Jakarta?

MATEMATIKA
1.  Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Setengah bagian dari jumlah ayam adalah....   
2   Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Sepertiga bagian dari jumlah ayam adalah....   
3.  Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Seperempat bagian dari jumlah ayam adalah....   






















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU


1.      NAMA MAHASISWA 
2.      NIM                               
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                             
7.      WAKTU                         
8.      TANGGAL                         
:
:
:
:
:


:
:
:
SHINTA NOVITA SARI
856690998
MI ISTIQOMAH SEKAYU
II/ II
1.      BAHASA INDONESIA
2.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.      MATEMATIKA
KEBERSAMAAN
       S.D     WIB
04 MEI 2019


PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.      Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator A1A A2A A3A A4A A5A

1.1  Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

1.2  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi ADA ADA ADA ADA ADA

1.3 Merumuskan tujuan/indikator ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 1 = A

2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.3 Memilih sumber belajar ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 2 = B


3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 3 = C

4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 4 = D

5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian ADA ADA ADA ADA ADA


5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 5 = E

6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
6.1  Kebersihan dan kerapian ADA ADA ADA ADA ADA


6.2  Penggunaan bahasa tulis ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 6 = F

7        Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =    31,6.

7          7

R = Rata-rata Butir = 4,5

Mengetahui
Tutor Universitas terbuka



ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T


Sekayu, 4 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,


MAULIDIYA







ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA       
NIM                         
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN


TANGGAL             
KELOMPOK BELAJAR   
UPBJJ-UT                              :
:
:
:
:
:


:
:
: SHINTA NOVITASARI
856690998
MI ISTIQOMAH SEKAYU
II / 2
KEBERSAMAAN
P    BAHASA INDONESIA
2.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.      MATEMATIKA
04 MEI 2019
SEKAYU
PALEMBANG

PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5

a.       Melaksanakan tugas rutin kelas AD AD AD AD AD


b.      Memulai kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD


c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD


d.      Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal AD AD AD AD AD


e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan AD AD AD AD AD


f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD


g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien AD AD AD AD AD


h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 1 = P

2.     2. Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa AD AD AD AD AD


b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa AD AD AD AD AD


c.       Melakukan komunikasi secara efektif AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 2 = Q

3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia AD AD AD AD AD


2)      Memberikan latihan keterampilan berbahasa AD AD AD AD AD


3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3a = R

b.      Pkn
1)      Mengembangkan pemahaman konsep waktu AD AD AD AD AD


2)      Mengembangkan pemahaman konsep ruang AD AD AD AD AD


3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity) AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3b = R

c.       Matematika
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan AD AD AD AD AD


2)      Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan AD AD AD AD AD


3)      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3c = R

4.     4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran AD AD AD AD AD


b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.       Peka terhadap kemampuan  berbahasa AD AD AD AD AD


b.      Penampilan guru dalam pembelajaran AD AD AD AD AD


c.       Keefektifan pembelajaran terpadu AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 5 = T




Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =    31,6.

7          7

R = Rata-rata Butir = 4,5

Mengetahui
Tutor Universitas terbuka



ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T


Sekayu, 4 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,


MAULIDIYA










LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU(SIMULASI)

Nama Mahasiswa        : SHINTA NOVITA SARI
NIM                            : 856690998
Nama Sekolah              : UT BI Sekayu
Jumlah siswa : 20 0rang

1. Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
   Jawab : cara saya memilih tema adalah dengan membuka buku pedoman  tematik untuk lelas 2 dengan tema kebersamaan.

2. Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab : saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi    yang saya sampaikan.

3. Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
    Jawab : Penguasan saya terhadap kelas masih kurang

4. Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
    Jawab : Cukup tertarik dengan dengan materi pembelajaran yang saya sampaikan

5. Apakah komentar / saran teman sejawat / Tutor terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
    Jawab : Agar saya terus belajar terhadap penampilan saya dang menggunakan metode yang beragam agar pembelajaran lebih menarik lagi dan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Rabu, 03 April 2019

PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU


MAKALAH


MODUL 4
PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU
Disusun
 O
L
E
H
Kelompok 4 (Empat)

1.        Sary Vigtindya Ningrum     856690941 )
2.        Shinta Novitasari                  856690998 )
3.        Sumiati                                  ( 856691223 )
4.        Sri Dayuni                            ( 856691209 )


Tutor:  Zaidan Jauhari, S. Pd. M. T


PROGRAM STUDI PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
2019




KATA PENGANTAR


           Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1
PGSD Guru Kelas, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu  ini sebagai suatu rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran
Terpadu di SD semester I (Satu).
                 Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan
ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri
khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa
serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat
kerjamasing-masing.




Sekayu,   Maret 2019


Kelompok IV








i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….    i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………   ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG ………………………………………………………………   1
B.     RUMUSAN MASALAH ……………………………………………………………   1
C.    TUJUAN PENULISAN ……………………………………………………………..  1

BAB  II
PEMBAHASAN MASALAH
A.      PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU ……………………………..   2
B.       TAHAPAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU ………………..   2
C.      SILABUS DAN SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU ……………………..   4

BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN …………………………………………………………………….   6
B.       SARAN ……………………………………………………………………………..   6

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………..    7



























                                                                                                           



ii

















BAB I
PENDAHULUAN


D.    LATAR BELAKANG
Idealnya, model pembelajaran terpadu bertolak dan dikembangkan dari kurikulum yang sudah terpadu ( integrated curriculum ). Namun dalam pendidikan di Indonesia, biasanya kurikulum itu sudah dikembangkan ke dalam berbagai mata pelajaran yang terpisah satu sama lainnya. Keuntungan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu pada tingkat sekolah dasar yaitu dengan adanya penerapan sistem guru kelas, dimana dengan pengalamannya mengajarkan seluruh mata pelajaran, guru bisa lebih cepat melihat keterhubungan kompetensi dasar dan indikator antar mata pelajaran. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran terpadu ini sangat ditentukan bagaimana kemampuan guru dalam menyusun perancangan dan skenario pembelajaran yang tepat dan dikemas dengan memperhatikan karakteristik siswa.
Pada dasarnya sebagian besar guru di indonesia belum menerapkan pembelajaran terpadu, tidak seperti  di negara-negara maju yang kebanyakan sudah menerapkan pembelajaran terpadu dalam pengajarannya. Untuk itu sebaiknya guru menerapkan pembelajaran terpadu, karena kita tahu bahwa manfaat dari pembelajaran terpadu sangat baik untuk peserta didik dilihat dari efektivitas dan efisiensi. Dalam makalah ini kami menjabarkan sedikit tentang perencanaan pembelajaran terpadu.

E.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana merencanakan pembelajaran terpadu?
2.      Bagaimana pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu?
3.      Bagaimana cara penyusunan Silabus Pembelajaran Terpadu?
4.      Bagaimana cara penyusunan Satuan Pembelajaran Terpadu?

F.     TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk mengetahui bagaimana merencanakan pembelajaran terpadu.
2.      Untuk mengetahui bagaimana pemeteaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema.
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara menyusun silabus pembelajaran terpadu.
4.      Untuk mengetahui bagaimana cara penyusunan satuan pembelajaran terpadu.


BAB  II
PEMBAHASAN MASALAH


D.      Perancangan Pembelajaran Terpadu
 Sebagai sesuatu yang relative baru dalam implementasi kurikulum di Indonesia, pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran terpadu di sekolah dasar harus didukung oleh kemampuan dan kesiapan guru yang optimal dan berbagai alat dan sarana yang memadai. Selain itu menuntut juga adanya kreativitas dan inovasi guru.
Pengembangan pembelajaran terpadu dapat berupa contoh, aplikasi, pemahaman, analisis, dan evaluasi. Konsep-konsep dapat dipadukan dari semester yang berlainan yang pembelajarannya dapat dilaksanakan pada semester yang sama dengan tidak meninggalkan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada semester lainnya.

E.       Tahapan Perancangan Pembelajaran Terpadu.
Kompetensi lulusan SD dan MI adalah :
1.        Mengenali dan membiasakan berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakini
2.        Mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja, dan peduli terhadap lingkungan.
3.        Berpikir logis, kritis, dan kreatif serta berkomonikasi melalui berbagai media
4.        Menyenangi keindahan
5.        Membiasakan hidup bersih, bugar dan sehat.
6.        Memiliki rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.

STRUKTUR KURIKULUM SD dan MI

Kelas
AlokasiWaktu
I dan II
III sampai dengan IV
A.  Mata Pelajaran
Pendidikan Agama
Pendidikan kewarganegaraan dan Pengetahuan sosial
Bahasa Indonesia
Matematika
Pengetahuan Alam
Kerajinan tangan dan kesenian
Pendidikan Jasmani
Pendekatan TEMATIK
3
5
5
5
4
4
4
B.   Pembiasaan
Kegiatan yang mendorong/ mendukungpembiasaan

2
C.   Muatan
Lokal
Kegiatanataumatapelajaran

-
Jumlah

27
32

Penjelasan untuk kelas I dan II :
1.        Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan dengan menggunakan pendekatan tematik diorganisasikan sepenuhnya oleh sekolah dan madrasah.
2.        Penjelasan teknik pendekatan tematik diatur dalam pedoman tersendiri.
3.        Alokasi waktu total yang disediakan adalah 27 jam pelajaran perminggu.
4.        Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 menit
5.        Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 34 – 40 minggu
6.        Alokasi waktu sebanyak 27 jam pelajaran pada dasarnya dapat diatur dengan bobot berkisar 15% Agama 50% membaca dan menulis permulaan serta berhitung 35%, IPA, PKn dan Pendidikan Jasmani.
7.        Sekolah dan madrasah dapat mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kemampuannya.
Penjelasan untuk kelas III, IV, V danVI :
1.        Pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran dan kegiatan belajar pembiasaan diorganisasikan sepenuhnya oleh sekolah dan madrasah
2.        Penjelasan teknis kegiatan belajar pembiasaan diatur dalam pedoman tersendiri
3.        Alokasi waktu total yang disediakan adalah 32 sampai dengan 34 jam pelajaran per-minggu
4.        Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 40 menit
5.        Minggu efektif satu tahun pelajaran ( 2 semester) adalah 34 sampai dengan 40 minggu
6.        Mata pelajaran PKn dan Pengetahuan Sosial diajararkan baik secara sendiri-sendiri maupun secara terintegrasi yang diatur sepenuhnya oleh sekolah
7.        Muatan lokal diadakan dengan kebutuhan dan kesiapan sekolah
8.        Sekolah dapat memberikan Mata Pelajaran Bahasa Inggris mulai kelas IV sesuai dengan kemampuannya.
9.        Dapat mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai kemampuan
10.    Sekolah bertaraf Internasional dapat menggunakan Bahasa Inggris, sebagai bahasa pengantar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
Dalam merancang pembelajaran terpadu di sekolah dasar terdapat tujuh langkah yang harus dilakukan.
1.        Penetapan mata pelajaran
yang akan dipadukan
Pada penetapan beberapa mata pelajaran yang akan dipadukan sebaiknya sudah disertai dengan alas an atau rasional yang berkaitan dengan pencapaian kompetensi dasar oleh siswa dan kebermaknaan belajar.
2.        Penetapan Kompetensi Dasar
Pada tahap ini dilakukan identifikasi kompetensi dasar pada jenjang kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran yang memungkinkan untuk diajarkan secara terpadu dengan menggunakan payung sebuah tema pemersatu.
3.        Penetapan Hasil Belajar
Mempelajari dan menetapkan hasil belajar dari setiap mata pelajaran sehingga dapat diketahui pokok yang bisa dibahas secara terpadu.
4.        PenetapanTema
Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1993; Moeliono, 1989; Keraf,1991).
Dalam pengembangan tema - tema pembelajaran terpadu di sekolah dasar terdapat sejumlah aspek yang perlu pertimbangan, diantaranya ;
a.       Tema yang dipilih memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa serta terkait dengan cara kebiasaan belajarnya
b.      Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat dan kemampuannya
c.       Penetapan tema dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa.
5.        Pemetaan Keterhubungan Kompetensi Dasar denganTema Pemersatu
Pada tahap ini dilakukan pemetaan keterhubungan kompetensi dasar masing-masing mata pelajaran yang akan dipadukan dengan tema pemersatu. Pemetaan tersebut dapat dibuat dalam bentuk bagan dan/atau matriks jaringan topik yang memperlihatkan kaitan antara tema pemersatu dengan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran.
6.        Penyusunan Silabus Pembelajaran Terpadu
Secara umum, silabus ini diartikan sebagai garis – garis besar, ringkasan, ikhtiar atau pokok – pokok isi materi pembelajaran terpadu. Silabus merupakan penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar yang ingin dicapai.
7.        Penyusunan Satuan Pembelajaran Terpadu
Komponen satuan pembelajaran terpadu meliputi :
a.       Identitas mata pelajaran
b.      Kompetensi dasar
c.       Materi pokok besarta uraiannya
d.      Strategi pembelajaran
e.       Alat dan media
f.       Penilaian dan tindak lanjut
g.      Sumber bahan yang digunakan

F.       Silabus dan Satuan Pembelajaran Terpadu
Silabus adalah garis besar, ringkasan, ikhtiar, atau pokok–pokok isi/materi pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok–pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa. Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam penyusunan satuan pembelajaran terpadu, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan s-stem penilaian.
Silabus pembelajaran terpadu dikembangkan dengan menggunakan pendekatan sistem, dimana komponen-komponen yang ada di dalamnya saling berhubungan satu sama lain dalam rangka mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.


Komponen silabus pembelajaran terpadu terdiri atas :
(a)      Identifikasi matapelajaran yang akan dipadukan,
(b)     Kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator yang harus dikuasai siswa,
(c)      Materi pokok yang mengacupadasuatautema yang akandisajikan,
(d)     Alternatifstrategipembelajaran yang akandigunakan, dan
(e)      Alokasi waktu yang diperlukan.

Contoh silabus pembelajaran terpadu:
SILABUS PEMBELAJARAN TERPADU
Madrasah Ibtidaiyah        : MI. Istiqomah Sekayu
Kelas                                     : III (Tiga)
Semester                               : I (Satu)
Tema                                     : Peristiwa Alam

NO
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar dan Indikator
Materi Pokok
Strategi Pembelajaraan
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
1
Bahasa Indonesia
·   Menentukan Peristiwa Alam
·   Menceritakan peristiwa alam yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
·   Menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di sekitar
·   Menjelaskan isi gambar seri tentang peristiwa alam yang terjadi di sekitar
·   Peristiwa alam yang sering terjadi di sekitar
·   Tanya jawab dan diskusi tentang peristiwa alam yang pernah dialami, dilihat, dan di dengakan
·   Menyanyikan lagu pemandangan
·   Mencari  berita dari media masa dan media cetak tentang berbagai peristiwa alam
·   Menceritakan pengalaman tentang peristiwa alam yang dialami, dilihat dan didengar
·   Mengamati gambar seri yang berhubungan dengan peristiwa alam
·   Menulis satu paragraf dari setiap gambar sehingga menjadi sebuah karangan yang padu
·   Membacakan hasil tulisan yang telah dibuat di depan kelas
2 jam Pelajaran
· Koran, majalah, buku cerita, radio, TV
· Gambar seri tentang peristiwa alam
2
Pengetahuan   Alam
·   Menfinisikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat serta pengaruhnya terhadap kesehatan
·   Membedakan kondidi linngkugan sehat dan tidak sehat
·   Mengidentifikasi penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·   Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
·  Lingkunngan sehat dan lingkungan tidak sehat
·   Tanya jawab dan diskusi tentang ciri-ciri, pengaruh, dan perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat, serta penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·   Mengamati ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat melalui penjelasan
·   Mengamati pengaruh lingkungan sehat dan tidak  sehat
·   Meneliti penyebab pencemaran terhadap kesehatan
·   Menelaah pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
·   Melaporkan ciri-ciri, perbedaan lingkungan sehat dan tidak sehat serta penyebab pencemaran terhadap kesehatan
6 jam pelajaran
· Lingkungan di sekitar sekola
· Alat kebersihan
3
Pengetahuan   Sosial
·   Kemampuan memahami kenampakan
·   Mengidentifikasi kenampakann alam dan kenampakan buatan bagi kehidupan
·   Menjelaskan manfaat kenampakan alam
·  Kenampakan alam dan buatan
·   Tanya jawab dan diskusi  tentang kenampakan alam dan serta manfaatnya bagi kehidupan kenampakan buatan
·   Mengamati kenampakan alam di lingkungan sekitar
·   Menyebutkan jenis-jenis kenampakan alam dilingkungan sekitar melalui penjelasan
4 jam pelajarana
· Lingkunngan sekitar
4
Mate
matika
·   Mengenal dan menggunakan konsep bilangan cacah dalam pemecahan masalam
·   Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
·  Operasi hitung bilangan
·   Menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita
·   Tanya jawab soal cerita yang terdapat penjumlahan dan pengurangan
·   Mendemonstrasikan penyelesaian soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan yang ada hubunganya dengan peristiwa dan lingkungan sekitar
·     4 jam pelajaran
· Matema
tika 3A Erlangga
5
Kerajinan tangan dan kesenian
·   Mengekspresikan gagasan imajinasi dengan muusik-musik dalam karya seni
·   Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain
·   Berkarya seni rupa melalui kegiatan eksplorasi gagasan dengan berbagai simbol unsur rupa pada paduanya
·  Berbagai gambar pola ragam  hias, kolase, mainan kreatif dari bahan daur ulang
·   Penjelasan langkah-langkah pembuatan kolase
·   Mempraktekkan pembuatan kolase dari berbagai objek dan bahan di alam sekitar
·         4 jam pelajaran

Satuan pembelajaran terpadu merupakan satuan atau unit program pembelajaran terkecil untuk jangka waktu mingguan atau harian yang berisi rencana pencapaian suatu pokok atau satuan bahasan tertentu dalam satu tema pembelajaran terpadu yang akan dibahas.
Komponen satuan pembelajaran terpadu mengandung unsur-unsur pokok yang meliputi
(a) Identitasmatapelajaran,
(b) Kompetensidasar, hasilbelajar, dan indikator yang akandipadukan,
(c) pokok-pokok materi yang akan disajikan,
(d) Kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan,
(e) Alat, media, dan sumber bahan yang digunakan,
(f) Cara penilaian yang akanditempuhdilengkapidenganalatpenilaian.


Contoh
SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU

Mata Pelajaran          :          1. Bahasa Indonesia
2.  Pengetahuan Alam
3. Matematika
4. Kerajinan Tangan dan Kesenian
Tema                          :           Peristiwa Alam
Satuan Pendidikan             Sekolah Dasar
Kelas/semester                     III (Tiga) / I (Satu)
Alokasi Waktu           :          1 x Pertemuan (2 x 30 menit)

A.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Dari kompetensi dasar dan indikator ke empat mata pelajaran tersebut yang dapat dipadukan adalah sebagai berikut.
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Bahasa Indonesia
a.       Menceritakan Peristiwa alam
b.      Menceritakan Peristiwa alam yang pernah dialami, dilihat, dan didengar
c.       Menjelaskan isi gambar seri tentang peristiwa alam yang terjadi  disekitar
2.      Pengetahuan Alam
a.    Mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
b.    Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat
c.    Mengidentifikasi penyebab pencemaran terhadap kesehatan
d.   Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan
3.      Matematika
a.    Mengenal dan mennggunakan konsep bilangan cacah dalam pemecahan masalah
b.    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
4.    Kerajinan Tangan dan Kesenian
a.    Mengekspresikan gagasan imajinasi dengan musik-musik dalam berkarya seni
b.    Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain

B.       MATERI PEMBELAJARAN
Untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator di atas ditetapkan materi pembelajaran sebagai berikut

1.        Bahasa Indonesia
a.         Peristiwa alam yang terjadi di sekitar
b.        Gambar seri, yang terdiri dari 4 rangkaian gambar yang memuat gejala peristiwa alam
c.         Menulis kalimat dengan memperhatikan ejaan dan penggunaan tanda baca
d.        embaca dengan lalfal dan intonasi yang benar
2.        Pengetahuan Alam
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, meliputi ciri-ciri penyebab, dan pengaruh terhadap kesehatan
3.        Matematikangan
Penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita tentang peristiwa alam dalam kehidupan sehari-hari
4.       Kerajinan Tangan dan Kesenian
Syair lagu tentang “Kampung Halamanku”

C.      STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran terpadu ini diuraikan dalam tahap-tahap kegiatan persiapan,  pembukaan, inti, dan penutup
1.        Kegiatan Persiapan/pra pembelajaran
Guru mempersiapkan segala sesuatu yang akan mendukung pelaksanaan proses pembelajaran terpadu seperti menyiapkan ruangan, alat dan media dan sebagainya.
2.        Kegiatan Pembukaan
a.     Siswa dikondisikan ke dalam situasi belajar yang kondusif
b.    Guru menyampaikan materi yang akan dipelajar dan kompetensi yang harus  dicapai
c.     Guru menjelaskan kegiatan siswa yang harus dilaksanakan siswa dalam pembelajaran
d.    Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu pemandangan
3.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang lagu yang dinyanyikan dan dihubungkan dengan materi yang akan dipelajari
Elaborasi
a.         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen, setiap kelompok terdiri atas 4-5 anak
b.        Setiap kelompok mencari berita dari surat kabar, majalah dan buku pengetahuan tentang peristiwa alam yang telah disediakan guru
c.         Perwakilan kelompok memaparkan apa yang telah ditemukan, dan dilanjutkan tanya jawab
d.        Guru memberi kesimpulan dari diskusi
e.         Guru memperlihatkan gambar seri tentang peristiwa alam dan meminta masing-masing kelompok mengamati dan menghubungkan setiap gambar
f.         Setiap kelompok menuliskan paragraf kalimat untuk setiap gambar dengan memperhatikan cara penulisan dan penggunaann tanda baca yang benar
g.        Setiap kelompok membacakan hasilnya dengan memperhatikan intonasi yang benar
h.        Guru menanggapi tentang bacaan siswa dan memberikan penjelaskan
i.          Setiap kelompok mengamati lingkungan disekitar sekolah, dan membedakan lingkungan yang sehat dan lingkunngan yang tidak sehat
j.          Setiap kelompok menuliskan pada lembar pengamatan dan mendiskusikan dengan anggota kelompok. selanjutnya masing-masing perwakilan kelompok membacakan hasilnya
k.        Kegiatan selanjutnya mendemonstrasikan dan menyelesaikan latihan soal cerita tentang  penjumlahan dan pengurangan yang dihubungkan dengan peristiwa alam di lingkungan sendiri
Konfirmasi
a.         Guru memberikan tanggapan terhadap semua hasil kerja siswa
b.        Guru memberikan penghargaan terhadap siswa yang telah menyampaikan hasil diskusi, menyampaikan pendapatn serta memberikan motivasi pada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran.
4.        Kegiatan Penutup
a.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang belum paham untuk bertanya.
b.       Guru meminta siswa mengerjakan soal evaluasi.
c.        Guru bersama siswa membahas jawaban siswa dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
d.       Guru menutup pelajaran dan tindak lanjut memberikan pembiasaan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan

D.      ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.        Koran, majalah, dan buku-buku pengetahuan
2.        Lingkungan disekitar sekolah
3.        Gambar seri tentang peristiwa alam (banjir)
4.        Teks lagu “kampung halamanku”


E.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.       Prosedur Penialaian
a.        Penilaian proses dilakukan untuk melihat kerjasama siswa dalam berkelompok
b.       Penilaian akhir
2.       Jenis dan Bentuk Tes
a.        Tes tulisan bentuk uraian dan pilihan ganda dilakukan pada akhir pembelajaran
b.       Tes Kinerja dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung
3.       Alat Penilaian
b.       Lembar Kerja Siswa
c.        Lembar Soal
d.       Lembar pengamatan
e.        Lembar Penilaian Kinerja

F.       SUMBER BELAJAR
1.        Buku model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik karya Trianto, S.Pd.,M.Pd
2.        BSE bahasa indonsia, matematika, IPA, Kerajinan Tangan





















BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Pembelajaran terpadu yang dapat dilihat pada alur penyusunan perencanaan pembelajaran terpadu berikut ini: Penetapan mata pelajaranpenetapan kompetensi dasarpenetapan hasil belajarpenetapan temapemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatupenyusunan silabus pembelajaran terpadu dan penyusunan satuan pembelajaran terpadu

B.       Saran
Sebaiknya guru lebih jeli dalam proses pembelajaran dimana pembelajaran terpadu  lebih efektif dan efisien dalam membelajarkan.



DAFTAR PUSTAKA


Fajar. fajarsetia 2019.blogspot.com/2012/10/perancangan-pembelajaran-terpadu.html
Kaptiah //kaptiahhhj. 2018 Makalah Praktek pembelajaran terpadu. blogspot.com/
Resmini Novi dkk. 2009. Pembelajaran Terpadu di SD,Jakarta: UNIVERSITAS   TERBUKA