Kamis, 09 Mei 2019

LAPORAN SIMULASI


LAPORAN
PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1





DISUSUN OLEH :

NAMA         : SHINTA NOVITA SARI
NIM                               : 856690998
SEMESTER                  : 1  (SATU)
POKJAR                       : SEKAYU



TUTOR : ZAIDAN JAUHARI,S.Pd., M.T


KABUPATEN MUSI BANYUASIN
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019








LEMBAR PENGESAHAN
HASIL PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU
DI SIMULASI / SEKOLAH*)  MI.ISTIQOMAH SEKAYU

NAMA :  SHINTA NOVITA SARI
NIM :  856690998
POKJAR :  SEKAYU
SEMESTER : 1
KELAS : B


DISAHKAN

       Menyetujui                        Sekayu   05  Mei  2019
       Pembimbing Tutor,              Guru Tematik                      

     ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T                                                  SHINTA NOVITA SARI 





















KATA PENGANTAR

        Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ini sebagai surat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester III (tiga) masa ujian 2019.1.
       Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada:
1. Dr.Meita selaku kepala UPBJJ Palembang
2. Ibu Aminah, M.Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
3. Bapak Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
4. Bapak Alamsyah, SH selaku Kepala MI.Istiqomah Sekayu yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
5. selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
6. Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
      Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.


Sekayu,  05 Mei 2019
Mahasiswa



SHINTA NOVITA SARI
NIM. 856690998















DAFTAR ISI
Halaman
1. HALAMAN JUDUL i
2. LEMBAR PENGESAHAN ii
3. KATA PENGANTAR iii
4. DAFTAR ISI iv
5. TEMA 1 : KEBERSAMAAN(simulasi)
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik 1
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 2
C.     Bahan Ajar 12
D.    Lembar Kerja Siswa 14
E.     APKG 1 15
F.      APKG 2 17
G.    Lembar Refleksi
H. Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu (LKS) sudah terisi 22
5.      TEMA 2 : BERMAIN DILINGKUNGANKU (Praktek di Sekolah)
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik 24
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 25
C.     Bahan Ajar 29
D.    Lembar Kerja Siswa 30
E.     APKG 1 31
F.      APKG 2 32
G.    Lembar Refleksi 33
H.    Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu sudah terisi 34
I.       Rekapitulasi Nilai Praktik (APKG 1 dan 2 APKG) sudah terisi 35
6.      PENUTUP 36
7.      DAFTAR PUSTAKA                    37
8.      LAMPIRAN 38
Lembar refleksi 1,2,3,3A sudah terisi
Foto dokumen pribadi simulasi dan praktik
Printout uploud dari blogspot
Lembar kerja siswa
Absen siswa dari sekolah


















TEMA 1 : KEBERSAMAAN ( SIMULASI)











SATUAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TEMA 7 KEBERSAMAAN

MATA PELAJARAN : 1.      BAHASA INDONESIA
2.      MATEMATIKA
3.      PPKN
TEMA : KEBERSAMAAN
KELAS /SEMESTER : 2 (DUA)/ 2 (DUA)
WAKTU : 3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

I.    KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA : •  3.8   Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
PKN : 4.3 Mengelompokkan jenis – jenis keberagaman karakteristik individu disekolah
MATEMAIKA 3.7  Menjelaskan pecahan  dan   menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

II.   INDIKATOR
BAHASA INDONESIA : •    4.7.1   Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh kejujuran.
PKN : •     4.1.1     Mengenal Karakteristik individu di lingkungan sekolah.
MATEMATIKA :      4.7.1  Melakukan Pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4  menggunakan benda-benda konkret.

III.    MATERI POKOK
•         Menyapa Pengunjung
•         Membuat kalimat sapaan
•         Menentukan Pecahan

IV. METODE PEMBELAJARAN
•         ceramah
•         Diskusi
•         Penugasan

V.  STRATEGI  PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
•         Kelas dibuka dengan salam,menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
•         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh seorang siswa
•         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa,selain berdoa,guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
•        Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesai Raya.Guru memberikan penguatan tentang sikap syukur.
•        Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
•         Siswa memperhatikan penjelasn guru tentang tujuan,manfaat,dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

b.   Kegiatan Inti (65 Menit)
Ayo Mengamati
guru membimbing siswa untu mengamati gambar kegiatan siti menyapa pengunjung kebun binatang denga santun.
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian  secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Ayo Membaca
Guru memberikan contoh membaca teks bacaan.
Guru menunjukkan siswa satu persatu membaca teks bacaan
Ayo Berlatih
Siswa mengerjakan soal latihan
Guru membimbing siswa untuk memasangkan nama kota / daerah dengan suku asli yang terdapat didaerah tersebut.
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan sikap terhadap teman yang berbeda suku / asal daerahnya.
•        Guru menanamkan sikap toleransi dan saling menghargai terahadap keberagaman suku.
Ayo Mencoba
Guru membimbing siswa membagi siswa menjadi 2 kelompok,3 kelompok, dan 4 kelompok dengan jumlah awal sama.
Ayo Berlatih
Siswa mengerjakan soal latihan menentukan pecahan yang sesuai dengan gambar

c.  Kegiatan Akhir/Penutup (15 Menit)
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
VI.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR 
•         Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan daerah)
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika)
VII. PENILAIAN
Teknik Penilaian
a. Penilian sikap
Mencatat hal – hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin
b. Penilain pengetahuan
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Unjuk Kerja
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi Diskusi dan unjuk hasil. Rubrik Penilaian
PKN Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi Unjuk kerja dan hasil. Rubrik Penilaian
Matematika Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik mengamati gambar
b. Rubrik Presentasi peta konsep Unjuk kerja dan hasil. Rubrik penilaian

Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
C. Remedial
Siswa Yang belum Terampil dalam meneukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh – contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

D. Pengayaan
     Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

2. Bentuk Instrumen penelian
a. Jurnal penilain sikap

Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
Matematika Rubrik berlatih (Matematika) Berilah tanda centang ( ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
No Tanggal Nama siswa Catatan priaku Butir sikap Tindak lanjut
1
2
3
4
5


Muatan Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia Rubrik berlatih (Penilaian Bahasa indonesia) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
PKN Rubrik berlatih (PKN) Berilah tanda centang (  ) pada bagian memenuhi kriteria. Tes tertulis Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Mengetahui
Kepala MI.Istiqomah

ALAMSYAH,SH                                                                                                                              Sekayu
Guru Kelas  2



SHINTA NOVITA SARI



Soal
A. Bahasa Indonesia
Buatlah kalimat yang membuat kata sapaan berikut!
Bacalah kalimat yang kamu buat didepan kelas!
1) Bariah
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2) Joko
…………………………………………………………………................
…………………………………………………………………………….
3) Madin
……………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………..
4) Asep
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………..
5) Kalian
…………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………….
6) Sobat
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
7) Pak Satpam
………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………
B. PKN
Pasangkanlah  nama kota / daerah dengan suku asli yang tedapat didaerah tersebut!

    Bariah dari Suku
     Madura  Jawa       

         Asep dari Suku
         Bandung  Betawi     

      Joko dari Suku
          Solo Madura
   
        Madin dari Suku
          Jakarta Sunda

C. MATEMATIKA
Lengkapilah pernyataan berikut  ini dengan jawaban yang tepat !
1. Siswa kelas 2 terdiri dari 36 siswa.
a. Setengah bagian dari siswa kelas 2 adalah….
b. Sepertiga bagian dari siswa kelas 2 adalah….
c. Seperempat bagian dari siswa kelas 2 adalah….
2. Dikebun binatang terdapat 12 rusa.
a. Setengah bagian dari jumlah rusa adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah rusa adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah rusa adalah…
3. Dikebun binatang terdapat 48 burung merpati.
a. Setengah bagian dari jumlah burung merpati adalah…
b. Sepertiga bagian dari jumlah burung merpati adalah…
c. Seperempat bagian dari jumlah burung merpati adalah…
4. Dikebun binatang terdapat 60 bebek.
a. Setengah bagian dari jumlah bebek adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah bebek adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah bebek adalah…
5. Dikolam kebun binatang terdapat 72 ikan koki.
a. Setengah bagian dari jumlah ikan koki adalah….
b. Sepertiga bagian dari jumlah ikan koki adalah….
c. Seperempat bagian dari jumlah ikan koki adalah….

Kunci Jawaban
BAHASA INDONESIA
1.      “ Selamat sore, Bariah”
2.     “ Joko dari mana asalmu?”
3.      “ Madin,apa kegemaranmu?”
4    “ Asep,bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda suku?”
5    “ Kalian harus menjaga kebersihan.”
6. “ Sobat, bagaimana kabarnya?”
7. “ Pak Satpam, di mana toiletnye?

PKN
1.      Suku Madura
2.      Suku Sunda
3.      Suku Jawa
4.      Suku Betawi

Matematika
1. a. 18 siswa b. 12 siswa c. 9 siswa
2. a.  6  siswa b. 4   siswa c. 3 siswa
3. a. 24 ekor b. 16 ekor c. 12 ekor
4. a. 30 ekor b. 20 ekor c. 15 ekor
5. a. 36 ekor b. 24 ekor c. 18 ekor

      Mengetahui,
      Tutor Universitas Terbuka




   ZAIDAN JAUHARI,S.Pd.M.T






Sekayu, 4 Mei 2019
Guru Tematik




SHINTA NOVITA SARI






BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : KEBERSAMAAN


1 . BAHASA INDONESIA
Berkunjung Kekebun Binatang
Siti dan teman – temannya berkunjung kekebun binatang.Mereka suka cita mengikuti kunjungan. Banyak binatang dikebun binatang, Seluruh siswa mengikuti kunjungan. Mereka belajar bersama dikebun binatang. Mereka mengunjungi semua hewan yang ada dikebun binatang.Pengunjung pun berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat. Siti berkenalan dengan Bariah, Dayu berkenalan dengan Asep, Beni berkenalan dengan joko, dan Edo berkenalan dengan Madin. Mereka senang berkenalan dan berkumpul dikebun binatang.


2 . PKN
Menyapa Pengunjung

Pengunjung kebun binatang berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat. Mereka berasal dari berbagai daerah atau suku. Siti meyapa beberapa pengunjung. Siti berkenalan dengan Bariah, ia berasal dari Madura. Dayu berkenalan dengan Asep, ia berasal dari Bandung. Beni berkenalan dengan joko, ia berasal dari solo.Edo berkenalan dengan Madin, ia berasal dari Jakarta. Mereka senang bisa berkenalan dikebun binatang.


3 . Matematika
Mengenal Pecahan
Pecahan adalah bilangan yang dapat diartikan sebagai pembilang dan penyebut. Yang mana bilangan yang dibagi nilainya lebih kecil dari bilangan penyebutnya atau pembaginya, misanya ½.1/3 dan ¼.




  ½ 1/3 1/4















LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : KEBERSAMAAN

Nama :..........................................................
 Kelas :.........................................................

BAHASA INDONESIA
Berkelompoklah dengan teman sebangkumu !
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.       Kemana siti dan teman – teman berkunjung?
2.      Apa yang mereka lakukan dikebun binatang?
3.      Berasal dari mana saja pengunjungnya?
4.      Siapa yang berkenalan dengan siti?
5.      Bagaimana perasaan mereka?

PKN
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Berasal dari mana saja pengunjung kebun binatang?
2.      Siapa yang menyapa pengunjung ?
3.      siapa yang berkenalan dengan Siti?
4.      Dari mana asal Bariah?
5.      Siapa yang berasal dari Jakarta?

MATEMATIKA
1.  Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Setengah bagian dari jumlah ayam adalah....   
2   Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Sepertiga bagian dari jumlah ayam adalah....   
3.  Dikebun binatang terdapat 48 ayam, Seperempat bagian dari jumlah ayam adalah....   






















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU


1.      NAMA MAHASISWA 
2.      NIM                               
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                             
7.      WAKTU                         
8.      TANGGAL                         
:
:
:
:
:


:
:
:
SHINTA NOVITA SARI
856690998
MI ISTIQOMAH SEKAYU
II/ II
1.      BAHASA INDONESIA
2.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.      MATEMATIKA
KEBERSAMAAN
       S.D     WIB
04 MEI 2019


PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.      Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator A1A A2A A3A A4A A5A

1.1  Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

1.2  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi ADA ADA ADA ADA ADA

1.3 Merumuskan tujuan/indikator ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 1 = A

2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.3 Memilih sumber belajar ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 2 = B


3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 3 = C

4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 4 = D

5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian ADA ADA ADA ADA ADA


5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 5 = E

6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
6.1  Kebersihan dan kerapian ADA ADA ADA ADA ADA


6.2  Penggunaan bahasa tulis ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 6 = F

7        Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik ADA ADA ADA ADA ADA


Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =    31,6.

7          7

R = Rata-rata Butir = 4,5

Mengetahui
Tutor Universitas terbuka



ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T


Sekayu, 4 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,


MAULIDIYA







ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA       
NIM                         
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN


TANGGAL             
KELOMPOK BELAJAR   
UPBJJ-UT                              :
:
:
:
:
:


:
:
: SHINTA NOVITASARI
856690998
MI ISTIQOMAH SEKAYU
II / 2
KEBERSAMAAN
P    BAHASA INDONESIA
2.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.      MATEMATIKA
04 MEI 2019
SEKAYU
PALEMBANG

PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5

a.       Melaksanakan tugas rutin kelas AD AD AD AD AD


b.      Memulai kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD


c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD


d.      Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal AD AD AD AD AD


e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan AD AD AD AD AD


f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD


g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien AD AD AD AD AD


h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 1 = P

2.     2. Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa AD AD AD AD AD


b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa AD AD AD AD AD


c.       Melakukan komunikasi secara efektif AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 2 = Q

3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia AD AD AD AD AD


2)      Memberikan latihan keterampilan berbahasa AD AD AD AD AD


3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3a = R

b.      Pkn
1)      Mengembangkan pemahaman konsep waktu AD AD AD AD AD


2)      Mengembangkan pemahaman konsep ruang AD AD AD AD AD


3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity) AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3b = R

c.       Matematika
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan AD AD AD AD AD


2)      Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan AD AD AD AD AD


3)      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3c = R

4.     4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran AD AD AD AD AD


b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.       Peka terhadap kemampuan  berbahasa AD AD AD AD AD


b.      Penampilan guru dalam pembelajaran AD AD AD AD AD


c.       Keefektifan pembelajaran terpadu AD AD AD AD AD


Rata-rata butir 5 = T




Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =    31,6.

7          7

R = Rata-rata Butir = 4,5

Mengetahui
Tutor Universitas terbuka



ZAIDAN JAUHARI,S.Pd,M.T


Sekayu, 4 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,


MAULIDIYA










LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU(SIMULASI)

Nama Mahasiswa        : SHINTA NOVITA SARI
NIM                            : 856690998
Nama Sekolah              : UT BI Sekayu
Jumlah siswa : 20 0rang

1. Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
   Jawab : cara saya memilih tema adalah dengan membuka buku pedoman  tematik untuk lelas 2 dengan tema kebersamaan.

2. Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab : saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi    yang saya sampaikan.

3. Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
    Jawab : Penguasan saya terhadap kelas masih kurang

4. Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
    Jawab : Cukup tertarik dengan dengan materi pembelajaran yang saya sampaikan

5. Apakah komentar / saran teman sejawat / Tutor terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
    Jawab : Agar saya terus belajar terhadap penampilan saya dang menggunakan metode yang beragam agar pembelajaran lebih menarik lagi dan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar