Kamis, 09 Mei 2019

LAPORAN PRAKTIK SEKOLAH


LAPORAN 

PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1





DISUSUN OLEH :

NAMA                           : SHINTA NOVITA SARI
NIM                               : 856690998
SEMESTER                  : 1  (SATU) 
POKJAR                       : SEKAYU



TUTOR : ZAIDAN JAUHARI,S.Pd., M.T


KABUPATEN MUSI BANYUASIN
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019








     TEMA 2 : BERMAIN DILINGKUNGANKU  
                           ( PRAKTEK DISEKOLAH)























PETA JARING – JARING TEMATIK MATA PELAJARAN PEMBELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2 TEMA 2 BERMAIN DILINGKUNGANKU

MATEMATIKA 
Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian



BAHASA INDONESIA
Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek. 

SBDP
Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang pendek nada pada lagu.






SATUAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TEMA 2 (Praktik)


MATA PELAJARAN : 1.      BAHASA INDONESIA
2.      MATEMATIKA
3.      SBDP
TEMA : BERMAIN DILINGKUNGANKU
KELAS /SEMESTER : 2 (DUA)/ 2 (DUA)
WAKTU : 3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

I.    KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA : Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
BAHASA INDONESIA :   Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.
SBDP Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

II.   INDIKATOR
MATEMATIKA : Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam Kehidupan sehari-hari.
BAHASA INDONESIA : Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia  yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.
SBDP Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang pendek nada pada lagu.

III.    MATERI POKOK
•       konsep perkalian dua bilangan dan contoh penyelesaian perkalian dua bilangan.
Teks bacaan yang berjudul “ Bermain Perahu Kertas”.
•       penjelasan tentang panjang pendek nada pada lagu.

IV. METODE PEMBELAJARAN
•         Informasi
•         Diskusi
•         Penugasan

V.  STRATEGI  PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
•         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan  masing-masing
•         Mengabsensi kehadiran siswa
•         Memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh
•      Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bhinneka Tunggal Ika” (halaman 119) sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
•      Bertanya jawab tentang syair lagu yang menggambarkan tekad bersama untuk membina persatuan bangsa dan kesatuan jiwa. Meskipun berbhinneka, berbeda-beda, tetapi tetap dalam tekad yang satu, yaitu Indonesia bahagia
•     Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Bhinneka Tunggal Ika)

VI. INTI 
b. Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar “Beni dan Tiur yang sedang bermain perahu kertas”.
Siswa diarahkan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati.
Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
Berdasarkan gambar, siswa menceritakan pengalamannya dalam bermain perahu kertas.

Ayo Bernyanyi
Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung”.
Sebelum menyanyi, terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam bernyanyi harus memperhatikan nada.

 Ayo Membaca
Siswa diminta membaca teks yang berkaitan dengan panjang pendek nada.
Guru menjelaskan cara menyanyikan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu.
Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan benar.
Siswa menyanyikan lagu “Berdayung” dengan memperhatikan panjang pendek nada.
Ayo Berdiskusi
Siswa berdiskusi menentukan nada 2 ketuk dan 1 ketuk pada lagu dengan menggunakan simbol.
Dalam hal ini guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
Hasil diskusi disampaikan di depan kelas dan kepada siswa diarahkan untuk saling memberikan komentarnya.




Ayo Membaca
Guru membacakan teks “Bermain Perahu Kertas” dan siswa diarahkan untuk mendengarkan dengan saksama.
Siswa menceritakan isi teks yang telah didengarnya secara lisan di depan kelas, kemudian siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan.
Ayo Menulis
Siswa membaca kembali teks “Bermain Perahu Kertas”.
Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan.
Ayo Mengamati 
Siswa memperhatikan contoh penyelesaian masalah perkalian yang dimulai dengan penjumlahan berulang. Fokus guru: dalam memberikan contoh di awal diharuskan menggunakan benda konkret terlebih dahulu.
Guru menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Siswa diarahkan untuk menyelesaikan beberapa masalah sederhana yang berkaitan dengan perkalian dengan menggunakan benda konkret.
Ayo Berdiskusi
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk menyelesaikan sebuah soal yang berkaitan dengan konsep perkalian.
Siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya kepada teman-temannya.
Siswa saling menanggapi hasil diskusi yang telah disampaikan.
Ayo Berlatih
Siswa menyelesaikan beberapa soal yang berkaitan dengan perkalian.Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal diberikan bimbingan oleh guru.

c.         Kegiatan Akhir/Penutup (15 Menit)
•       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengumpulkan portofolio siswa tentang kebhinnekaan
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VI.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan daerah)
         Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, matematika dan sbdp)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, matematika, dan  sbdp)

VII. PENILAIAN
1.     Prosedur Penilaian
-        Penilaian proses
-        Post Tes
2.  Jenis Tes
                Tes tertulis
3.  Bentuk Tes
                Isian singkat
4.  Alat penilaian


     
Soal
A.     MATEMATIKA
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. 
         
           ....      +     …. = ….
       Dapat ditulis : …. x …. = ….

2.                     
  ….   +    ….    + …. = ….
        Dapat ditulis : …. x …. = ….
d
3.                   
….     +      ….      +   …. = ….
       Dapat ditulis : …. x …. = ….
4.
  
  

  
  

                      
                                 
       
   …        +
   Dapat ditulis : …. x …. = ….
5.   Dua kelompok anak bermain lompat tali. Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
 a. Kalimat perkaliannya adalah: ........... 
 b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!    
………………………………….. 
B.    BAHASA INDONESIA
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.      Apa yang sedang dilakukan beni?
2.     Satu lembar kertas bisa menghasilkan berapa perahu?
3.     Setelah selesai dibuat perahu diletakkan dimana ?
4.     Selain dimasukan kedalam baskom,perahu bisa diapungkan dimana?
5.      Apakah Beni sangat menyukai permainan perahu ?

C.    SBDP
1.     Apa judul lagu tersebut ?
2.     Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan? 
3.     Bagaimana cara kamu menyanyikannya? 
4.    Siapa yang menciptakan lagu tersebut ?
5.    Berapa ketukan lagu tersebut ?

Kunci Jawaban
MATEMATIKA
1. 3 + 3 = 6
Ditulis =  2 x 3 = 6
2. 1 + 1 + 1 = 3
Ditulis 3 x 1 = 3
3. 2 + 2 + 2 = 6
3 x 2 = 6
4. 4 + 4 = 8
Ditulis : 2 x 4 = 8
5. a. 2 x 5 = 10
      b. 5 + 5 = 10

BAHASA INDONESIA
1.      Bermain perahu kertas
2.      2 Perahu
3.      Didalam baskom berisi air
4.      Pada genangan air disaat hujan turun
5.      Iya, Dia sangat menyukainya

SBDP
1. Berdayung
2. Tentang perahu yang meluncur di air biru
3. Menyanyikan dengan suara yang pelan
4. A.T Mahud
5. ¾
6.
Berdasarkan

Pedoman  Penilaian
NA =  X 100

Mengetahui
Kepala Sekolah




ALAMSYAH,SH Sekayu, 8 Mei 2019
Guru Tematik




SHINTA NOVITA SARI


















BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : BERMAIN DILINGKUNGANKU

1 . MATEMATIKA

Mengenal perkalian sebagai bentuk penjumlahan berulang
Misalnya:
1. Ada 3 buah keranjang. Masing-masing keranjang berisi 5 buah apel. Coba kamu hitung banyaknya buah apel tersebut.
Apa yang kamu lakukan untuk menghitung banyaknya buah apel?
Tentu saja dengan menjumlahkan banyak buah apel dalam setiap keranjang, bukan?
Banyaknya buah apel dalam setiap keranjang adalah sama,yaitu 5 buah apel.
Jadi, banyaknya buah apel adalah 5 + 5 + 5 = 15 buah.
Penjumlahan tersebut mempunyai 3 suku yang sama, yaitu
    5 sebagai suku 1
    5 sebagai suku 2
    5 sebagai suku 3
Penjumlahan ini dapat kita tuliskan dalam bentuk perkalian sebagai berikut:
    3 × 5
Artinya penjumlahan bilangan 5 sebanyak 3 suku.
Jadi, 3 × 5 sama dengan 5 + 5 + 5 hasilnya adalah 15
Angka 3 bisa disebut sebagai pengali.
Angka 5 bisa disebut sebagai yang dikali
Angka 15 bisa disebut sebagai hasil kali
Dari uraian tersebut dapat kita tuliskan pengertian perkalian.
“Perkalian adalah penjumlahan berulang dengan suku yang sama

2 . BAHASA INDONESIA
Dengarkan Temanmu membaca teks berikut !
Bermain Simpai 
Tahukah teman-teman, apakah simpai itu? 
Pernahkah teman-teman memainkannya? 
Simpai adalah alat permainan yang berbentuk lingkaran. 
Simpai terbuat dari rotan. 
Simpai dapat dipakai untuk bermain dan berolahraga. 
Cara memainkannya dengan memutar simpai di pinggang. 
Kemudian, pinggang digoyangkan mengikuti putaran simpai tersebut. 
Permainan ini dapat dilakukan secara bersama-sama. 
Pemenangnya adalah pemain yang dapat mempertahankan putaran simpai paling lama.

3 . SBDP
 Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan.Bunyi beraturan disebut nada.
Ada nada yang panjang dan ada yang pendek.Panjang pendek nada dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu ketukan.Perhatikan panjang pendek nada berikut!
Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . | 
Ada 1 buah titik di belakangnya. Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 | 
Tidak memiliki titik atau garis di atas.


LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 2
TEMA : BERMAIN DILINGKUNGANKU

Nama :
Kelas :

MATEMATIKA
Jawablah pertanyaan di bawah ini !

Udin meletakkan kerikil pada 6 lubang pada 
permainan congklak. Setiap lubang diisi 5 
kerikil.
a.  Tulislah kalimat matematikanya!
....................................................................
b.  Tentukan hasilnya!
.......................

BAHASA INDONESIA
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apakah simpai itu?
............................................................................
............................................................................
2.  Bagaimana bentuk simpai itu?
............................................................................
............................................................................
3.  Terbuat dari apa simpai tersebut?
............................................................................
............................................................................
4.  Bagaimana cara memainkan simpai?
............................................................................
............................................................................

SBDP
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Ketika bernyanyi kita mengeluarkan ….
2. Bunyi beraturan disebut…
3. Jika Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . | Ada 1 buah titik di belakangnya. Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak…











ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU


1.      NAMA MAHASISWA  
2.      NIM                                 
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                              
7.      WAKTU                          
8.      TANGGAL                         
:
:
:
:
:


:
:
:
SHINTA NOVITA SARI
856690998
MI.ISTIQOMAH SEKAYU
II / 2
1.      MATEMATIKA
2.      BAHASA INDONESIA
3.      SBDP
BERMAIN DILINGKUNGANKU
07.30 S.D 09.15 Wib
09 MEI 2019

PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.      Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator A1A A2A A3A A4A A5A

1.1  Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

1.2  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi ADA ADA ADA ADA ADA

1.3 Merumuskan tujuan/indikator ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 1 = A

2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran ADA ADA ADA ADA ADA

2.3 Memilih sumber belajar ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 2 = B

3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 3 = C

4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 4 = D

5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian ADA ADA ADA ADA ADA

5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 5 = E

6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
6.1  Kebersihan dan kerapian ADA ADA ADA ADA ADA

6.2  Penggunaan bahasa tulis ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 6 = F

7        Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik ADA ADA ADA ADA ADA

Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =31,6
7        7

R = 4,5

Mengetahui
Kepala Mi.Istiqomah Sekayu



ALAMSYAH,SH
Sekayu 09 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,



ROSITA, S. Pdi










ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA        
NIM                           
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN

TANGGAL               
KELOMPOK BELAJAR     
UPBJJ-UT                              :
:
:
:
:
:

:
:
: SHINTA NOVITASARI
856690998
JL. MERDEKA LK I SEKAYU
II / 2
1.      MATEMATIKA
2.      BAHASA INDONESIA
3.      SBDP
09 Mei 2019
SEKAYU
PALEMBANG

PETUNJUK :
5. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
6. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
7. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
8. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5

a.       Melaksanakan tugas rutin kelas AD AD AD AD AD

b.      Memulai kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD

c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD

d.      Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal AD AD AD AD AD

e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan AD AD AD AD AD

f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan AD AD AD AD AD

g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien AD AD AD AD AD

h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 1 = P

2.     2. Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa AD AD AD AD AD

b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa AD AD AD AD AD

c.       Melakukan komunikasi secara efektif AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 2 = Q

3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia AD AD AD AD AD

2)      Memberikan latihan keterampilan berbahasa AD AD AD AD AD

3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3a = R

b.      IPS
1)      Mengembangkan pemahaman konsep waktu AD AD AD AD AD

2)      Mengembangkan pemahaman konsep ruang AD AD AD AD AD

3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity) AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3b = R

c.       PKn
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan AD AD AD AD AD

2)      Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan AD AD AD AD AD

3)      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 3c = R

4.     4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran AD AD AD AD AD

b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.       Peka terhadap kemampuan  berbahasa AD AD AD AD AD

b.      Penampilan guru dalam pembelajaran AD AD AD AD AD

c.       Keefektifan pembelajaran terpadu AD AD AD AD AD

Rata-rata butir 5 = T




Nilai APKG 1 = R

R = 4,3+4,6+4,2+4,0+4,5+5,0+5,0 =31,6
7        7

R = 4,5

Mengetahui
Kepala Mi.Istiqomah Sekayu



ALAMSYAH,SH
Sekayu 09 Mei 2019
Pengamat
Teman Sejawat,



ROSITA, S. Pdi











LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU (Praktik)

Nama Mahasiswa        : SHINTA NOVITA SARI
NIM                            : 856690998
Nama Sekolah              : UT BI Sekayu
Jumlah siswa : 30 0rang

1. Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
 Jawab : cara saya memilih tema adalah dengan membuka buku pedoman     tematik untuk lelas 2 dengan tema bermain dilingkungan ku

2. Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab : saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi   yang saya sampaikan.

3. Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran      terpadu di kelas saya sendiri ?
    Jawab : Penguasan saya terhadap kelas masih kurang

4. Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
    Jawab : Cukup tertarik dengan dengan materi pembelajaran yang saya sampaikan

5. Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
    Jawab : Agar saya terus belajar terhadap penampilan saya dang menggunakan metode yang beragam agar pembelajaran lebih menarik lagi dan lebih mudah dipahami oleh siswa.













PENUTUP
Kesimpulan

Pada kegiatan simulasi mengajar tema yang dipilih adalah TEMA 7 berjudul KEBERSAMAAN. Mata  pelajaran terpadu yang diambil adalah  BAHASA INDONESIA materi kata sapaan, PKN mengenal suku – suku yang terdapat diberbagai daerah dan MATEMATIKA materi pecahan . Tempat simulasi mengajar adalah kampus UT Pokjar sekayu yaitu kelas 1/B. Jumlah siswa 20 0rang, Laki – laki 4 orang dan perempuan 16 orang. Kesan teman sesame kuliah UT mereka sangat senang, ketika saya simulasi dikelas UT.
Pada kegiatan praktek mengajar disekolah tempat saya mengajar tema yang dipilih adalah TEMA 2 BERMAIN DILINGKUNGANKU ,Mata pelajaran terpadu yang diambil adalah MATEMATIKA materi Penjumlahan perkalian berulang, BAHASA INDONESIA materi Mengamati Perahu Dayung, SBDP materi menentukan ketukan pada nada. Tempat praktek mengajar adalah kelas saya sendiri, yaitu kelas 2.4 jumlah siswa 30 orang 15 laki – laki dan 15 perempuan. Kesan mereka sangat senang.


























DAFTAR PUSTAKA 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   2017   Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 7: Kebersamaan. Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   2017   Buku Siswa Kelas 2, Tema 2 Bermain dilingkunganku: . Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar